6 Tips Memulai Bisnis Cafe Terbaru dan Mencari Modal Bisnis
VQIHZ-1N7BP-MJGWR-MFFIO

6 Tips Memulai Bisnis Cafe Terbaru dan Mencari Modal Bisnis

6 Tips Memulai Bisnis Cafe Terbaru dan Mencari Modal Bisnis

 Tips Memulai Bisnis Cafe Terbaru dan Mencari Modal Bisnis


Jejaksantri - NAD Modal usaha kafe merupakan salah satu hal yang perlu Anda pertimbangkan ketika ingin membuka kedai kopi.

Bisnis ini sedang booming saat ini. Banyak anak muda suka nongkrong di kafe.

Keuntungan membuka usaha kafe ini juga cukup besar. Oleh karena itu, pada artikel kali ini kami akan memberikan ulasan lengkap tentang modal usaha warkop terbaru yang perlu Anda ketahui.

Membuka kafe minimalis saat ini merupakan pilihan yang tepat, karena memiliki peluang yang bagus.

Ketika Anda memutuskan untuk membuka kafe, hal pertama yang harus diperhatikan adalah modal kafe yang minimal.

Karena terkadang sebagian orang akhirnya mengurungkan niat untuk membuka kedai kopi, karena kedai kopi membutuhkan uang yang terlalu banyak untuk beroperasi.

Setelah mempersiapkan rencana bisnis Anda, Anda akan dapat menemukan modal untuk membuka kedai kopi.

Berikut ini adalah Tips yang nantinya perlu untuk Anda pertimbangkan, antara lain yaitu :

1.    Rancang sebuah Konsep Secara Matang

Menjalankan bisnis, terutama di sini di bidang cafe menuntut Anda untuk memiliki konsep kuat. Oleh karena bertujuan dalam menarik perhatian dari banyak konsumen, maka dibutuhkan sesuatu yang menarik dan juga unik. 

Oleh karena itu, disini Anda perlu merancang sebuah konsep yang memang benar - benar matang dengan target yang jelas. 

Biasanya jika dalam lingkup usaha cafe, maka konsep yang perlu dimiliki yaitu makanan serta minuman ringan. 

Setelah 2 hal tersebut terpenuhi, maka selanjutnya bisa memikirkan mengenai masalah kenyamanan tempat. 

Sementara untuk meminimalisir modal bisnis café yang diperlukan Anda bisa membuat tempat tersebut cukup sederhana namun masih memberikan kesan nyaman.

Anda bisa membuat lukisan dinding di cafe sehingga tidak harus membeli ornament - ornamen mahal untuk dipajang. 

Mengenai makanan atau minuman yang disajikan pun, Anda bisa memberikan menu yang memiliki harga standar. 

Namun jika disini Anda memang memiliki modal yang cukup besar, maka tidak ada salahnya membuat cafe tersebut sedikit tampak lebih berkelas.


2.    Tentukan Target Pasar

Tentu sangat penting untuk menentukan target pasar di sini. Saat Anda membuka konsep kedai kopi sederhana,

Kemudian Anda bisa menyasar pelajar muda atau pelajar yang masih sekolah. Secara umum, anak muda menyukai hal-hal yang terlihat unik dan baru.

Kebanyakan mahasiswa juga menyukai kafe, dimana harga menunya tidak terlalu mahal dan desain kamarnya tidak terlalu mewah.

Para mahasiswa ini akan lebih nyaman berada di tempat yang minimalis dan ramah kantong.

Jangan lupa bahwa fasilitas wi-fi gratis diperlukan di sini. Fasilitas ini sangat populer di kalangan pelajar atau mahasiswa karena memungkinkan mereka untuk membawa laptop sambil bermain game atau mengerjakan pekerjaan rumah sambil nongkrong.

3.    Cari Lokasi Yang Sesuai

Tidak bisa dipungkiri bahwa selain pelayanan yang baik, harga yang bersahabat, menu yang enak, tempat Instagram, dan lokasi yang mudah dijangkau, menjadi salah satu faktor yang menyebabkan ramainya bisnis kafe.

Oleh karena itu, sebelum membuka kafe perlu dilakukan penelusuran lokasi terlebih dahulu. Lihat apakah lokasi ini benar-benar strategis dan mudah dijangkau.

Lokasi ini juga akan berdampak signifikan terhadap minimnya modal kopi yang Anda perlukan untuk membuka kedai kopi.

Biaya sewa yang berlebihan tentunya akan membuat Anda membutuhkan dana lebih.

Jadi pintar-pintarlah dalam memilih lokasi agar nantinya bisa membuat warnet. Jika Anda memiliki lokasi tanah Anda, itu akan lebih menguntungkan. Karena dana yang dibutuhkan disini tentunya paling sedikit.

4.    Tentukan Menu yang akan di Sediakan

Memilih menu pasti akan melihat atau menyesuaikan konsep yang telah ditentukan. Namun, setiap kafe pasti memiliki menu utama berupa minuman ringan, seperti kopi. Ada banyak sekali jenis dan jenis kopi itu sendiri.

Misalnya kopi lokal dan kopi Robusta dan jenis kopi lainnya. Tentukan terlebih dahulu jenis kopi utama dari kafe yang Anda kelola.

Selain soda dibutuhkan menu penunjang lainnya, seperti snack, roti bakar, pisang keju, pisang bakar, dll.

5.    Rekrut Karyawan yang Sesuai kriteria

Ketika kafe yang Anda jalankan di sini pertama kali dibuka, Anda tidak boleh mempekerjakan terlalu banyak karyawan.

Untuk mengatasi masalah service disini, anda bisa menyelesaikannya sendiri terlebih dahulu. Hanya untuk membantu Anda hanya dapat merekrut beberapa orang. Adapun masalah kasir, di sini Anda bisa menyelesaikannya sendiri.

Dengan menggunakan karyawan saat diperlukan, pasti akan mencegah Anda membuang-buang uang. Apalagi saat kafe baru saja dibuka. Karena bagaimanapun juga, Anda masih belum memiliki pelanggan tetap di sini.

Jika membahas modal kafe minimalis, tentunya semua tergantung dari jenis kafe yang ingin Anda buat.

Apakah Anda ingin membuat kafe minimalis menjadi sederhana, atau memberikan kesan mewah. Karena hal ini akan sangat mempengaruhi belanja modal yang dibutuhkan.

Pengeluaran seperti sewa tempat, interior dan furnitur, pemasaran, biaya listrik dan telepon, bahan baku awal, peralatan memasak, dan operasi lainnya akan sangat bergantung pada faktor-faktor di atas.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mempertimbangkan hal-hal di atas. Karena dengan cara ini Anda akan lebih mudah memperkirakan modal usaha kopi/atau modal usaha kopi yang akan sangat Anda butuhkan di masa depan.

6.    Tentukan Supplier

Supplier atau yang biasa disebut dengan supplier memiliki hubungan yang erat dengan menu yang akan Anda sajikan di warkop.

Setelah mengenalkan menu, kita juga harus mempertimbangkan bahan baku yang ada pada menu tersebut, apakah sulit untuk mendapatkannya?

Ketika bahan baku dalam menu sulit didapat, Anda mungkin perlu mencari pengganti menu lain, atau Anda mungkin harus mencari beberapa pemasok. Penting juga untuk membeli dari grosir atau pemasok tepercaya.

Harga yang ditawarkan oleh pedagang grosir biasanya jauh lebih murah. Oleh karena itu, modal usaha kafe minimalis/capital expenditure kafe akan dapat diminimalisir.

Inilah sebabnya mengapa penting bagi Anda untuk memilih pemasok yang dapat memberikan harga terbaik dan bahan berkualitas terbaik.


0 Comments