Tips Cara mengatur Keuangan dengan baik dan sehat ala Mahasiswa/i
VQIHZ-1N7BP-MJGWR-MFFIO

Tips Cara mengatur Keuangan dengan baik dan sehat ala Mahasiswa/i

Tips Cara mengatur Keuangan dengan baik dan sehat ala Mahasiswa/i

Tips Cara mengatur Keuangan dengan baik dan sehat ala Mahasiswa/i

JejakSantri - Tahukah Anda, mengelola keuangan di masa Kuliah sebenarnya tidak terlalu sulit. Jika orang tua kita masih memberi kita uang jajan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, itu sangat mudah.

Namun, bagi mereka yang tinggal sendiri atau jauh dari orang tua, nama keuangan harus dikelola dengan baik. Karena jika hal ini tidak Anda lakukan, Anda akan terjerumus ke dalam berbagai kesulitan keuangan, seperti kesulitan membayar biaya semester atau membayar buku.

Sebenarnya, bagaimana cara Anda mengelola uang jajan untuk mahasiswa? Disinilah pentingnya belajar mengelola keuangan. Silakan dan lihat di bawah untuk tips tentang cara mengelola keuangan dengan benar untuk Mahasiswa.

1. Mulai Disiplin Menabung


Tentunya dengan mulai belajar disiplin dalam menabung, hal ini akan sangat bermanfaat bagi kita di masa depan. Ketika kita menerima uang jajan, baik itu dari orang tua atau saudara kita yang lain, kita selalu mengutamakan menabung. Tabungan reguler dan disiplin kami dapat digunakan untuk investasi kecil, seperti membeli laptop atau printer, yang diperlukan bagi siswa untuk menyelesaikan pekerjaan rumah kuliah.


2. Memanfaatkan Sumber Pemasukan


Selain uang jajan orang tua, sumber penghasilan lain juga bisa digunakan. Diantaranya adalah pekerjaan paruh waktu di usaha kecil, seperti pekerjaan lepas atau paruh waktu. Usahakan untuk mencari pekerjaan paruh waktu dengan jam kerja yang fleksibel sehingga tidak terlalu menyita waktu belajar dan belajar Anda.


3. Belajar Sesuai Kebutuhan


Gaya hidup konsumtif dan kenikmatan memaksa kita untuk selalu tampil sempurna. Untuk menghindarinya, Anda perlu membuat daftar berbagai jenis kebutuhan yang memang benar-benar dibutuhkan dalam sebulan. Dengan memiliki daftar belanja seumur hidup satu bulan, Anda hanya akan fokus pada hal-hal yang Anda butuhkan. Ingatlah untuk memprioritaskan kebutuhan daripada keinginan.


4. Jaga Kesehatan dan Pola Makan



Jika Anda seorang mahasiswa yang tinggal di kos, sangat penting untuk menjaga kesehatan dan menjaga kebiasaan makan Anda. Kecuali tidak ada yang bisa merawatmu saat kamu sakit, pekerjaan rumah dan kegiatan kuliahmu juga akan terabaikan di kemudian hari. Belum lagi Anda harus ke dokter dengan biaya yang tidak murah. Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, sebaiknya jaga kesehatan dengan selalu memperhatikan pola makan daripada tidak sengaja memakan jajanan. Jangan lupa untuk berolahraga secara rutin minimal 3 kali dalam seminggu agar tubuh tetap sehat dan bugar setiap saat.


5. Catat Semua Biaya Pengeluaran





Setelah semua pendapatan Anda, termasuk uang jajan, sudah habis, jangan lupa untuk mencatat setiap pengeluaran yang Anda keluarkan dalam sebulan. Prioritaskan pencatatan pengeluaran yang harus Anda pertimbangkan terlebih dahulu, seperti membayar kost (jika Anda kos), transportasi, uang sekolah, buku, makan, dll. Jangan lupa untuk membuat catatan terperinci dan cobalah untuk tidak melewatkan apa pun.


6. Buatlah Rencana Anggaran



Setelah memahami poin-poin di atas, hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah merumuskan rencana anggaran keuangan bulanan. Atur agar tidak menjadi "paku yang lebih besar", yaitu pengeluaran terlalu banyak dibandingkan dengan pendapatan. Namun jika pengeluaran Anda justru lebih besar, Anda bisa memangkas pengeluaran yang tidak perlu. Evaluasi pengeluaran Anda secara teratur setiap bulan.

Banyak mahasiswa yang masih menyepelekan pengelolaan keuangan, dan tidak bisa dipungkiri akhirnya mereka akan kehabisan uang jajan. Mulai sekarang, mari kita berlatih mengatur keuangan mulai dari pemasukan hingga pengeluaran yang Anda gunakan setiap bulannya. Agar keuanganmu tetap sehat dan tidak meminta uang jajan tambahan kepada orang tua.

 

0 Comments