Ini Dia !!! 7 Kesalahan Pengusaha atau Pebisnis Pemula yang Wajib Anda Hindari
VQIHZ-1N7BP-MJGWR-MFFIO

Ini Dia !!! 7 Kesalahan Pengusaha atau Pebisnis Pemula yang Wajib Anda Hindari

Kesalahan Pengusaha atau Pebisnis Pemula yang Wajib Anda Hindari

7 Kesalahan Pengusaha atau Pebisnis Pemula yang Wajib Anda Hindari

 Kesalahan Pengusaha atau Pebisnis Pemula yang Wajib Anda Hindari


Jejaksantri - Kewirausahaan dan pembelajaran adalah sama. Untuk membangunnya, Anda tidak bisa hanya mendengar kisah sukses banyak orang. Saat memulai bisnis baru, Anda memiliki banyak pekerjaan rumah yang harus dilakukan, mulai dari menguji produk, gagal, menguji lagi, dan kemudian mengembangkan.

Siapapun bisa memulai bisnis, tapi tidak semua orang bisa menjalankan dan memeliharanya hingga menjadi perusahaan besar. Para pelaku bisnis akan menghadapi banyak tantangan dan hambatan dalam menjalankan bisnis. Tidak semua langkah mengarah pada pilihan yang tepat, yang mengarah pada ketidakstabilan bisnis dan bahkan kegagalan. Namun, kesalahan ini mungkin bisa menjadi pelajaran terbaik yang bisa mengantarkan Anda menjadi pebisnis handal.

Apa saja kesalahan bisnis pemula yang bisa berujung pada kegagalan bisnis atau bahkan kebangkrutan? Jika Anda ingin atau sedang membangun bisnis, ada baiknya untuk mengetahui kesalahan-kesalahan yang dapat mengganggu perkembangan bisnis tersebut.

1. Tidak memperhatikan kebutuhan Konsumen

Kamu harus mengetahui dengan jelas sosok dari konsumen kamu, mulai dari kebiasaan perilakunya hingga kebutuhan mereka. Membuat produk atau jasa sesuai dengan kemauan kamu, tidak akan membuat konsumen kamu tertarik karena belum tentu produk atau jasa tersebut dibutuhkan oleh mereka.

2.Langsung berinvestasi tanpa belajar sebelumnya

Ide bisnis Anda mungkin terlihat menguntungkan, tapi tanpa validasi, Anda akan menggiring perusahaan ke jurang kegagalan. Sebelum menginvestasikan uang dan waktu Anda untuk mewujudkan gagasan bisnis Anda, ambil sedikit waktu untuk mengujinya.

Konsultasikan ide bisnis Anda dengan para ahli dari sejumlah komunitas pengusaha. Anda bisa belajar banyak dan mengadaptasikan ide Anda pada konsumen-konsumen potensial.

Berinvestasi tanpa pengalaman dan belajar sebelumnya, merupakan salah satu kesalahan yang paling banyak dilakukan para pengusaha baru.

3. Lambat masuk pasar

setelah membuat perencanaan bisnis yang matang ada baiknya kamu segera memulai dan merealisasikan ide bisnis menjadi nyata, jangan sampai kompetitor kamu dengan ide bisnis yang sama masuk terlebih dahulu, menguasai pasar dan mengambil momen yang tepat dari tangan kamu

4. Kurang Jaringan Bisnis

Pada akhirnya, kesuksesan tergantung pada orang-orang yang Anda kenal. Jika Anda tak pernah bicara dengan konsumen dan parah ahli industri, maka Anda akan dengan mudah kehilangan berbagai peluang usaha.

Memperluas jaringan harus masuk dalam daftar yang harus dilakukan. Sebagai seorang entrepreneur, Anda harus mengenal dan dikenal banyak orang.

5. Mempekerjakan orang yang salah

Orang yang tidak jujur atau tidak dapat memberikan kontribusi kerja yang baik adalah penyebab utama bisnis kamu sulit berkembang. 

6. Terlalu banyak menerima masukan Bisnis

Masukan cerdas bisa membuat bisnis Anda berhasil tapi juga gagal. Mengabaikannya bisa membuat Anda kehilangan peluang untuk sukses.

Sebaliknya, terlalu banyak masukan juga berbahaya. Perbanyak hubungan dengan para entrepreneur berpengalaman yang pernah membangun dan menjual bisnisnya di industri yang Anda tekuni.

Saran untuk Anda, pilihlah para penasehat bisnis yang khusus bergerak di bidang Anda, bukan di semua bidang usaha.

7.Tidak tahu kapan harus berubah arah (banting stir)

Lewat berbagai upaya validasi gagasan yang dilakukan dengan cepat, Anda mungkin berhadapan dengan kondisi yang tak terduga.  Daripada mengabaikan semua yang sudah dipelajari, lebih baik sesuaikan model bisnis Anda untuk mencegah kegagalan. Banyak bisnis yang sukses karena mengubah rute bisnisnya.

0 Comments