Cara mendapatkan malam Lailatul Qadar 2021 serta Doa dan Amalannya
VQIHZ-1N7BP-MJGWR-MFFIO

Cara mendapatkan malam Lailatul Qadar 2021 serta Doa dan Amalannya

Bulan yang istimewa diantara bulan lainnya adalah bulan Ramadhan. Dalam bulan Ramadhan ini, setiap muslim berlomba-lomba untuk berbuat kebaikan demi..
Cara mendapatkan malam Lailatul Qadar 2021 serta Doa dan Amalannya


Jejaksantri.com - Bulan yang istimewa diantara bulan lainnya adalah bulan Ramadhan. Dalam bulan Ramadhan ini, setiap muslim berlomba-lomba untuk berbuat kebaikan demi mendapatkan ganjaran pahala. Dibulan Ramadhan juga terdapat satu malam yang istimewa, yaitu malam Lailatul Qadar.

Pada bulan Ramadhan tahun 2021 malam Lailatul Qadar adalah salah satu malam yang paling dinanti-nanti oleh umat islam. Ada banyak keutamaan yang terdapat di malam Lailatul Qadar. Untuk mendapatkan malam Lailatul Qadar mari simak amalan Do'a malam Lailatul Qadar berikut ini :

"Allahumma innaka 'afuwwun tuhibbul 'afwa fa'fu'anni" (Wahai Tuhan, Engkau Maha Pengampun, menyukai orang yang meminta ampunan, ampunilah aku).

Apa Lailatul Qadar itu?

Lailatul Qadar merupakan satu malam penting yang terjadi dibulan Ramadhan. Didalam Al-Quran yang disebutkan malam yang paling baik dari seribu bulan.

Nabi Muhammad hanya memberikan kata kunci, kapan akan terjadinya malam Lailatul Qadar, yaitu dimalam 10 hari terakhir Ramadhan. Dan tidak ada yang mengetahui kapan kepastiannya akan terjadi malam Lailatul Qadar. Kepastiannya dirahasiakan oleh Yang Maha Kuasa.

Dikutip dari nu.or.id, Nabi Muhammad SAW mengisyaratkan bahwa Lailatul Qadar datang pada 10 hari akhir Ramadhan. Karenanya, belia SAW memperbanyak ibadah dan amal shaleh pada malam tersebut.

Aisyah mengatakan, saat memasuki 10 Ramadhan Rasulullah SAW fokus beribadah, memperbanyak ibadah dimalam hari. dan memangunkan keluarga Baliau untuk beribadah,"(HR Al-Bukhari)".Hadist ini dijadikan Ibnu Bathal sebagai landasan bahwa Malam Lailatul Qadar terjadi di 10 akhir Ramadhan.

Maka untuk itu usahakanlah memperbanyak ibadah dibulan Ramadhan sampai akhir Ramadhan. Bisa jadi salah satu dari ibadah yang sudah kita kerjakan bertepatan dengan malam yang penuh kebahagiaan itu. Dalam hadist yang diriwayatkan oleh Ahmad disebutkan, " Siapa yang mendirikan (memperbanyak ibadah) pada malam Lailatul Qadar atas dasar keimanan dan keikhlasan, maka dosanya diampuni baik yang berlalu, maupun yang akan datang.

Hadist tersebut memberitahukan kita bahwa untuk terus menerus dan konsisten dalam beribadah dibulan Ramadhan, karena kita tidak tau kapan datangnya malam Lailatul Qadar.

Aisyah RA pernah berkata kepada Rasulullah SAW, "Wahai Rasulullah, andaikan aku bertemu Lailatul Qadar, do'a apa yang bagus dibaca? Rasul menjawab, "Allahumma innaka 'afuwwun tuhibbul 'afwa fa'fu'anni" (Wahai Tuhan, Engkau Maha Pengampun, menyukai orang yang meminta ampunan, ampunilah aku)," (HR Ibnu Majah).

Untuk itu do'a yang diajarkan Rasulullah SAW ini adalah do'a yang sangat baik dibacakan dimalam 10 akhir Ramadhan.

0 Comments