WAJIB BACA!!! Satu-satunya Manusia yang namanya di Abadikan di dalam AL-Qur'an yang hidupnya sejaman dengan nabi Daud AS dan ia...
VQIHZ-1N7BP-MJGWR-MFFIO

WAJIB BACA!!! Satu-satunya Manusia yang namanya di Abadikan di dalam AL-Qur'an yang hidupnya sejaman dengan nabi Daud AS dan ia...

 

Satu-satunya manusia yang bukan nabi, bukan pula Rasul, tapi kisah hidupnya diabadikan dalam Qur'an 


 

Assaalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarokatuh

Satu-satunya manusia yang bukan nabi, bukan pula Rasul, tapi kisah hidupnya diabadikan dalam Qur'an adalah Lukman Al Hakim. Kenapa, tak lain, karena hidupnya penuh hikmah. Suatu hari ia pernah menasehati anaknya tentang hakikat hidup.

 

"Anakku, jika makanan telah memenuhi perutmu, maka akan matilah pikiran dan kebijaksanaanmu. Semua anggota badanmu akan malas untuk melakukan ibadah, dan hilang pulalah ketulusan dan kebersihan hati. Harus diketahui bahwa hanya dengan hati bersih manusia bisa menikmati nikmatnya akan  berdzikir."

 

"Anakku, jika sejak kecil engkau giat  belajar dan menimba ilmu. Dewasa kelak engkau akan memetik buahnya dan menikmatinya."

 

"Anakku, berdirilah  engkau dengan orang-orang yang sedang membawa jenazah, jangan kau pergi dengan orang-orang yang ingin ke pesta pernikahan. Karena  jenazah akan mengingatkan engkau pada kehidupan yang akan datang. Sedangkan pesta pernikahan akan membangkitkan nafsu duniamu."

 

"Anakku, aku sudah merasakan mengangkat batu-batu besar, aku juga sudah pernah memikul besi-besi berat. Akan tetapi tidak pernah terasa sesuatu yang lebih berat dari pada tangan yang buruk perlakuannya."

"Anakku, aku sudah merasakan semua benda yang pahit. Tapi tidak pernah kurasakan yang lebih pahit dari kemiskinan dan kehinaan."

 

"Anakku, aku sudah mengalami penderitaan dan bermacam kesusahan. Tetapi aku belum pernah merasakan penderitaan yang lebih susah daripada menanggung hutang. 

"Anakku, sepanjang hidupku aku berpegang pada delapan wasiat para nabi. Kalimat itu adalah:

1. Jika kau beribadah pada Allah, jagalah pikiranmu baik-baik.

2. Jika kau berkunjung ke rumah orang lain, maka batasilah pandanganmu.

3. Jika kau sedang di tengah-tengah majelis, jagalah lisan mu.

4. Jika kau berada dalam jamuan makan, jagalah tingkah lakumu.

5. Ingatlah Allah selalu.

6. Ingatlah maut yang akan menjemputmu

7. Lupakan budi baik yang kau kerjakan pada orang lain.

8. Lupakan semua kesalahan orang lain terhadapmu.


Dari nasehat Luqman tersebut, kita bisa mengambil hikmah, bahwa Allah sangat membenci orang yang sombong. Di mana orang-orang yang sombong biasanya diciri-khaskan dengan cara berjalan mereka yang terlihat angkuh lagi pongah, dengan kepala mengangkat serta dengan cara berbicara yang tinggi, baik perkataan maupun nada suara. Sehingga bisa disejajarkan bahwa orang yang sombong itu sangat buruk karena diumpamakan dengan seekor hewan (keledai).

Itulah kisah tentang Luqman dan Anaknya yang terangkum sangat indah dalam QS. Luqman. Di mana dalam Surat tersebut juga terdapat nasehat besar yang harus diteladani oleh semua anak manusia, tentunya umat Islam. Karena nasehat-nasehat tersebut bukan sembarangan dalam periwayatannya, namun langsung diriwayatkan oleh Allah SWT lewat kalamNya, Al-Qur’an

Semoga bermanfaat ambil hikmah nya.. terimakasih telah mau sejenak untuk membaca

 

0 Comments