Lafaz niat Doa Puasa di Bulan Ramadhan tahun 2021
VQIHZ-1N7BP-MJGWR-MFFIO

Lafaz niat Doa Puasa di Bulan Ramadhan tahun 2021



Puasa Ramadan adalah puasa yang dilaksanakan dibulan Ramadan yang jumlah harinya antara 29 dan 30 hari.  Bagi siapa saja yang melakukan Puasa dibulan ramadan juga merupakan salah satu perbuatan untuk menghapus kesalahan dan dosa yang telah kita lakukan selama ini. 
ibadah puasa Ramadan sebentar lagi akan dijalankan oleh umat muslim di seluruh dunia. Berpuasa dibulan ramadan adalah hukumnya wajib dikerjakan dan termasuk Rukun Islam yang ke emapar. sebagaimana Allah telah berfirman dalam surah Al-Baqarah :
 
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ 

Artinya 

"Hai orang-orang yang beriman di wajibkan atas kamu berpuasa. Sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa." (QS Al-Baqarah: 183).



Doa niat Puasa Ramadan

Sebelum melaksanakan Puasa Ramadan ada baiknya kita melafazkan serta meniatkan doa puasa ramada yang mana doa tersebut hukumnya wajib di ucapkan dan di niatkan sebelum berpuasa di bulan ramadan.
Berikut adalah lafaz niat puasa ramadan :


Artinya :

     Saya niat puasa esok hari untuk menunaikan fardhu di bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah Ta'ala

Doa ini juga bisa di ucapkan setelah lebih awal atau ketika setelah selesai sholat tarawih atau sebelum waktu imsak tiba.

Doa berbuka Puasa di Bulan Ramadan

Setelah seharian kita melaksanakan puasa di bulan ramadhan dengan menahan rasa lapar dan dahaga serta menahan hawa nafsu dari berbagai cobaan dan godaan, maka tibalah kita untuk berbuka ketika terdengar kumandang suara azan magrib, dengan mengucapkan lafaz niat berbuka puasa.


Artinya :

    Ya Allah karena-Mu aku berpuasa, dengan-Mu aku beriman, kepada-Mu aku berserah dan dengan rezki mu aku berbuka (puasa), dengan Ramhat-Mu ya Allah Tuhan Maha Pengasih.


Mari kita niatkan didalam hati untuk menjalankan ibadah puasa ramadhan tahun ini degan sungguh-sungguh. Karena umur manusia tidak ada yang tahu. Kita belum pasti apakah akan diberi umur panjang oleh Allah SWT untuk bertemu puasa Ramadhan tahun depan atau tidak. jawabannya hanya Allah lah yang tahu.

Dalam berpuasa yang terpenting dalam doa berniatlah hanya semata-mata kerena Allah SWT, sesuai janji Allah, bagi mereka yang menjalankan ibadah puasa akan mendapatkan dua kebajikan yaitu kebahagiaan saat berbuka puasa dan kebahagiaan saat bertmeu  dengan Allah SWT, Tuhan pemilik semesta Alam

0 Comments