Cara Membuka Kartu SIM dan IMEI yang diblokir
VQIHZ-1N7BP-MJGWR-MFFIO

Cara Membuka Kartu SIM dan IMEI yang diblokir

Cara Membuka Kartu SIM dan IMEI yang diblokir
Cara Membuka Kartu SIM dan IMEI yang diblokir


Apakah anda pernah mengalami kartu SIM seluler yang tiba-tiba terblokir sehingga smartphone tidak bisa di pakai untuk mengakses jaringan internet, bahkan nelpon maupun mengirim SMS saja tidak bisa. Kondisi ini bisa memuat mood jadi jelek. Bisa jadi ada beberapa penyebab kartu SIM anda bisa terblokir.

Dengan diblokirnya kartu SIM, tentunya akan menjadi masalah yang merepotkan bagi para milenial apabila kartu SIM yang sudah diblokir tidak bisa dipakai lagi, apalagi kartu SIM tersebut adalah nomor yang sangat penting.

Apakah bisa untuk mengaktifkan kartu SIM yang telah diblokir kembali seperti sediakala. Namun tenang saja, jejaksantri.com sudah merangkum ada beberapa cara membuka kartu SIM dan IMEI yang terblokir. Berikut ini cara mengaktifkan Karti SIM dan IMEI yang terblokir.

Ciri-ciri kartu SIM yang Diblokir 

Ciri-ciri kartu SIM yang Diblokir

1. Hilangnya siyal operator

Ciri-ciri ini memang serupa seperti masalah hilangnya sinyal pada umumnya, akan tetapi lama-kelamaan nomor katu SIM anda hangus bahkan tidak katif sama sekali

2. Kartu SIM tidak terdetek

Pada umumnya Kartu SIM yang sudah hangus dan dan sudah tidak aktif lagi, maka kartu sim tersebut tidak dapat terbaca oleh HP. Berbeda dengan hilangnya sinyal dimana HP masih bisa mendeteksi operator apa digunakan.

Jika hal ini terjadi bisa jadi kartu SIM anda rusak atau terblokir.

3. Tidak bisa melakukan panggilan ataupun menerimanya

Ciri-ciri seperti ini, berbeda jika kartu SIM dalam keadaan aktif, akan tetapi tidak punya pulsanya, maka otomatis nomor tersebut masih bisa menerima panggilan masuk.

4. Tidak bisa mengirim SMS atau menerima SMS dari orang lain

Apabila HP anda tidak bisa mengirim atau menerima pesan dari yang lain, kemungkinan besar kartu SIM anda sudah terblokir. Dan pada umumnya jika anda adalah pengguna HP android maka ketika anda ingin mengirimkan pesan akan terdapat notifiksai gagal dari pengiriman pesan terseut.

Nah, apabila kartu SIM anda ada dalam ciri-ciri yang saya sebut diatas kemungkinan besar kartu SIM anda terblokir. Dan apabila nomor yang terblokir tersebut sangat penting buat anda. Maka sliahkan simak beberapa cara membuka kartu SIM dan IMEI yang telah diblokir.

Cara Memuka Kartu SIM yang Terblokir

Cara Memuka Kartu SIM yang Terblokir


1. Mengaktifkan Kartu SIM yang terblokir akibat tidak Registrasi

Pada tahun 2018 yang lalu, Pemerintah sudah memberi imbauan untuk menerapkan aturan wajib Registrasi kertu SIM, nah jika Anda lupa untuk meregistrasi kartu SIM, maka kartu akan terblokir.

Untuk mengaktifkannya kembali maka ikutilah langkah-langkah berikut ini:

a. Silahkan datang kepusat layanan operator seluler

Anda bisa datang kelayanan provider yang anda gunakan, apabila anda pengguna TELKOMSEL maka anda wajib mengunjungi GraPARI untuk melakukan registrasi kartu TELKOMSEL. 

Bagi pengguna indosat,bisa mengunjungi galeri indosat. Dan untuk pengguna XL bisa mengunnjungi XL Center untuk registrasi Kartu XL

b. Menghubungi Call Center Operator

Cara berikutnya anda bisa menghubungi call center operator sesuai dengan kartu yang Anda gunakan.

2. Mengaktifkan Kartu SIM yang terblokir yang terjadi akibat sala memasukkan PIN

Memakai PIN untuk keamanan kartu SIM memang bagus, akan tetapi lebih bagusnya lagi jika anda tidak memakai PIN jikalau anda adalah orang pelupa. Akibatnya bisa fatal kalau salah memasukkan PIN dalam tiga kali percobaan. Kartu SIM anda bias terblokir, dan anda tidak bisa menggunakan kartu SIM anda kembali.

Tapi masih ada carra yang lain untuk mengaktifkan kartu SIM yang terblokir salah satunya dengan memasukkan kode PUK. Mungkin ada yang belum tau bagaimana cara memasukkan kode PUK. Berikut penjelasannya:

a. Coba anda Lihat pada Pembungukus/kertas Kartu SIM 

Apabila anda masih menyimpan bungkusan kartu SIM anda, maka anda akan langsung bisa menemukan dan melihat nomor PUK kartu SIM ysng anda gunakan. Namun apabila bungkusnya sudah anda buang. Lakukan langkah selanjutnya

b. Hubungi Call Center Operator

Untuk mengaktifkan kartu SIM anda yang sudah terblokir, bisa dengan menghubungi Call Center Operator.. Namun sebelum anda menghubunginya, ada baiknya anda menyiapkan syarat-syarat yang diperlukan, misalkan KTP dan lain sebagainya.

c. Kunjungi Pusat Layanan Operator Seluler

Anda bisa langsung mengunjungi pusat operator seluler, nanti ada layanan dari petugas yang siap membantu anda untuk memperoleh kode PUK yang dibutuhkan. Anda hanya perlu mengingat nomor HP yang sudah terblokir dan memberi tahu 16 digit angka yang ada dibelakang kartu yang diblokir tadi. untuk berjaga-jaga anda juga bisa membawakan KTP., mana tau diminta oleh petugas layanan.

4. Mengaktifkan Kartu yang Terblokir karena disebabkan lewatnya Masa Tenggang

Kartu SIM yang anda pakai dan telah lama anda tidak mengisi pulsa, maka kartu SIM tersebut dalam masa tenggang, Jika masa tenggang telah habis maka kartu SIM kamu tidak bisa di pakai lagi alias Terblokir.

Apabila anda ingin mengaktifkan kartunya kembali, bisa mengunjungi pusat layanan operator kartu yang anda gunakan. Untuk tarif mengaktifkan kartu SIM bisa berbeda-beda.

Jika anda tidak mau kartu SIM anda terblokir, maka segera lakukan pengisian pulsa, agar kartu SIM anda bisa aktif kembali. Dengan mengisi pulsa masa aktif kartu anda akan bertambah serta tidak ada cerita lagi kartu SIM mati atau terblokir akibat lewatnya masa tenggang.

Cara Memblokir IMEI

Dengan adanya aturan IMEI di indonesia, maka HP yang di impor ketanah air secara ilegal(BM), tidak akan bisa digunakan karena akan otomatis diblokir oleh provider atas permintaan pemerintah. Nah apabila anda terlanjur membeli HP BM tidak usah takut, langkah utama yang harus anda lakukan adalah dengan cara mengunjungi situs Bea Cukai dan mengisi Formulir pendaftaran IMEI.

Langkah terakhir adalah mengunjungi kantor Bea Cukai setempat dan meminta persetujuan. Bila permohonan disetujui, maka kamu harus membayar pajak sesui dengan undang-undang yang berlaku, dan hp tersebut bisa dipakai sebagaimana semestinya.

Nah, itulah beberapa cara untuk mengatikfakn kembali kartu SIM anda yang terblokir, sebelum melakukan tindakan ada baiknya  cari tahu terlebih dahulu apa penyebabnya kartu tersebut di blokir. Selamat mencobanya.πŸ˜„πŸ˜πŸ˜Š

0 Comments