Cara Cek untuk Mengetahui Smartphone mu sedang di Pantau atau Tidak
VQIHZ-1N7BP-MJGWR-MFFIO

Cara Cek untuk Mengetahui Smartphone mu sedang di Pantau atau Tidak

Cara Cek untuk Mengetahui Smartphone mu sedang di Pantau atau Tidak

Cmara Cek untuk Mengetahui Sartphone mu sedang di Pantau atau Tidak

Jejaksantri.com - Privasi pengguna smartphone sangat penting  untuk selalu terjaga keamanannya. Studi darai NordVPN, ada peningkatan sebanyak lima persen aplikasi yang dipasang pada perangkat smartphone tahun 2020. Namun pengguna saat ini curiga bahwa smartphonr yang dimiliki sedang dipantau, meskipun tidak memasang aplikasi pemantauan apapun di perangkatnya.

Pakar privasi digital di NordVPN, Danil Markuson menjelaskan bagaimana asisten virtual berfungsi dengan cara yang mirip dengan mesin pencari untuk pemasang iklan. Privasi pengguna smartphone sangat penting untuk selalu terjaga keamanannya.

Penggunaan asisten suara seperti Siri, Google Assistant dan Alexa dianggap dapat  mendengar percakapan pengguna smartphone sepanjang waktu. Hal ini karena mereka perlu terus mendengarkan agar dapat mendeteksi perintah suara untuk membantu pengguna.

Ia mengatakan saat pengguna menggunakan Google Assistant atau siri untuk mencari sesuatu, informasi tersebut akan digunakan oleh pengisi iklan digital.

Markuson menjelaskan bagaimana cara menguji apakah smartphone milikmu sedang dipantau. Cara terbaik untuk mrnguji apakah ponsel cerdas milikmu membantu pengiklan online, yakni dengan memasang jebakan.

Jebakan tersebut dapat dilakukan dengan beberapa cara, yakni pengguna dapat memilih topik yang ridak dapat dengan keseharian dan biasanya tidak pernah dibicarakan.

Topik tersebut harus kamu ingat atau catat kerena nantinya sebagai hasil pengujian. Selanjutnya, kamu harus membuat kata kunci yang dapat memicu hasil telusur. Selain itu untuk mengetahuinya juga bisa membahas satu topik secara verbal dengan lantang oleh kamu sendiri maupun bersama dengan temanmu. lakukan beberapa hari berturut turut. dan pstikan kamu tidak membicarakan atau mencari topik lain diponsel tersebut.

Sekarang jebakan telah dibuat, kamu akan segera mengetahui apa ada iklan baru yang tampil dibeberapa media sosial atau sistus yang sering kamu kunjungi. jika hasil muncul iklan 'jebakan' tersebut maka smartphone milikmu kemungkinan besar sedang dipantau oleh pihak ketiga.

Untuk menghindari pelacakan yang tidak diinginkan oleh ponsel cerdas, Markuson menyarankan agar pengguna dapat melihat izin aplikasi merekam dan mematikan fitur rekaman audio. Sangat mudah memeriksa aplikasi mana yang memiliki akses kemikrofon atau kamera ponsel. Caranya yaitu dengan membuka pengaturan lalu pilih privasi atau kamera dan kamu dapar melihat aplikasi mana yang memiliki akses tersebut.

Kamu dapat menonaktifkan akses tersebut untuk menghentikan ponsel mendengarkan percakapan kamu. jika kamu merasa tidak aman, kamu bisa menghapus aplikasi tersebut atau reset ulang smartphone milikmu untuk memastikan privasimu lebih aman.

0 Comments